Cordyline fruticosa (L.) A.Chev (Hanjuang)




Klasifikasi Hanjuang

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Agavaceae
Genus: Cordyline
Spesies: Cordyline fruticosa (L.) A.Chev.

Deskripsi

Hanjuang Cordyline termasuk tanaman perenial, sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas blok pada sawah, ladang. Hanjuang, terutama C. fruticosa, populer sebagai tanaman hias. Dalam masyarakat Sunda, Jawa, serta Bali, hanjuang memiliki makna sebagai "pembatas ruang", baik secara harafiah maupun filosofis.

Tanaman ini berbentuk perdu bercabang; tinggi 2-4 m. Ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin. Akar Hanjuang adalah kakar serabut, berwarna putih kekuningan.  Batangnya bulat, keras, bekas dudukan daun nampak jelas, bercabang, coklat keabu-abuan.  Tanaman Andong berdaun tunggal, daunnya berbentuk lanset dengan panjang sekitar 30 – 50 cm, sedangkan lebar daun 5 – 10 cm, pada ujung dan pangkalnya berbentuk runcing, tepi rata, letak daunnya terutama diujung batang terlihat berjejal dengan susunan seperti spiral. pelepah 5-10 cm, pertulangan menyirip.  
Bunga Majemuk berbentuk malai, di ketiak daun dengan panjang sekitar 30 cm, warnanya dadu atau hijau ungu, ada juga yang berwarna kuning muda bertangkai panjang, bercabang melebar, dengan daun pelindung yang besar pada pangkal cabang dengan panjang ± 1,4 cm. Anak daun pelindung pada pangkal bunga kecil.

Sebaran

Asli Himalya-Indonesia, tapi sejak dahulu kala tersebar luas; merupakan tumbuhan eksotik benua eropa tumbuh di Asia – Perancis Polynesia, Hawai’ dan Selandia Baru.

Ekologi

Tanaman Hanjuang biasa di tanam sebagai tanaman hias di pekarangan, taman atau kuburan, dipakai sebagai tanaman pagar atau pembatas di perkebunan teh. Andong berasal dari Asia Timur dan biasa di temukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.900 m dpl Tumbuh hingga 1900 m dpl,

Reproduksi

Hanjuang dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Dari satu batang stek, dapat tumbuh beberapa tunas yang akan  menjadi individu baru.

Fungsi dalam Lanskap

Hanjuang Cordyline sering dipakai sebagai tanaman pelindung dan pembatas.


Related Posts To Cordyline fruticosa (L.) A.Chev (Hanjuang)


Cordyline fruticosa (L.) A.Chev (Hanjuang) Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts