Cara Mengundang Satwa Liar dengan Air


Keberadaan elemen air dalam taman anda sangat penting jika anda ingin menarik kehidupan liar kedalam taman rumah anda.  Banyak sekali peranan air bagi hewan-hewan sperti burung, serangga, dan amphibia.  Bagi burung, adanya kolam dapat menjadi tempat bagi mereka untuk minum, sesekali mungkin mereka mandi didalamnya.  Tidak hanya itu, burung pun terkadang datang ke dekat kolam untuk mencari makan, karena air juga menarik bagi serangga yang menjadi makanan burung. Dengan adanya kolam, anda juga mendapatkan kesempatan untuk menanam tanaman hias yang butuh banyak air.
Baca juga: Membuat Taman Hujan (Rain Garden)

Air dapat dimanfaatkan dengan beberapa cara yang sederhana.  Anda dapat membuat kolam dengan sedkit batuan yang muncul ditengahnya, burung yang bermain dibatuan tersebut akan aman dari serangan predator mereka seperti kucing rumah.  Air mancur kecil atau air dalam wadah dangkal dapat ditempatkan dekat dengan semak-semak sebagai tempat minum bagi mamalia kecil, burung, dan kupu-kupu.  Namun dengan membuat kolam di tanah akan memberikan anda hasil yang memuaskan.
Baca juga: Tambahkan Fitur Air, Jadikan Taman Anda Alami, Segar dan Menawan

Ukuran kolam tergantung dari kebutuhan anda sendiri, tidak ada standar kolam yang harus diikuti.  Kolam tersebut dapat berupa kolam kecil yang digali kedalam tanah, kolam yang dilapisi plastik, maupun kolam yang di beri beton.  Kolam tersebut dapat hanya sebuah kolam sederhana yang berisi air yang segar, tetapi bisa juga sebuah kolam yang dilengkapi dengan alat-alat yang canggih.
Kolam dapat diletakkan pada bagian taman yang terkena sinar matahari atau sebagian tertutupi, dan dikelilingi vegetasi alami dan batu-batuan.  Kolam taman rumah dapat menjadi tempat ikan peliharaan, amfibi, reptil, dan serangga, tergantung ukuran kolam tersebut.  Kolam tersebut dapat menyediakan tempat mencari makan bagi burung, kelelawar, musang, dan hewan-hewan lainnya.  Kolam sebaiknya tidak terlalu dalam, mungkin 1-2 kaki.  Dengan demikian kita dapat menempatkan tanaman air dan relatif lebih aman untuk anak-anak.
Sesekali kolam tersebut sebaiknya di ganti airnya agar tetap terjaga kesegarannya, namun pada musim penghujan tidak perlu dilakukan penggantian air agar lebih hemat.
Jadi elemen air akan sangat bermanfaat dalam taman anda.  Jika budget anda tidak besar, sebuah taman kecil yang sederhana mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan air dalam taman yang anda bangun untuk menarik perhatian hewan liar.
Semoga bermanfaat.


Related Posts To Cara Mengundang Satwa Liar dengan Air


Cara Mengundang Satwa Liar dengan Air Rating: 4.5 Posted by: Kris Web

Search Here

Popular Posts

Total Pageviews

Recent Posts